Semeru Gempa Embusan 60 Kali

Senin, 26 Desember 2011



 Lumajang: Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengeluarkan gempa embusan atau pelepasan energi dari perut gunung sebanyak 60 kali. Gempa embusan terjadi selama 24 jam terakhir atau Ahad (25/12) tercatat dalam seismograf PPGA Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). "Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu mengalami gempa embusan sebanyak 60 kali, namun masih dalam batas kewajaran gunung api yang berstatus Waspada," tutur Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru, Sofyan, Senin, (26/12).

Dalam seismograf juga mencatat aktivitas Gunung Semeru selama 24 jam terakhir mengalami gempa tremor lima kali, gempa vulkanik satu kali, dan gempa guguran dua kali. "Kalau ada gempa-gempa embusan itu malah bagus, artinya tidak terjadi penumpukan energi karena secara perlahan mulai dikeluarkan. Kalaupun terjadi letusan, itu tidak akan besar," paparnya.

Ia menegaskan, status Gunung Semeru masih tetap Waspada (Level II), sehingga masyarakat di lereng gunung tersebut tidak boleh beraktivitas dalam radius empat kilometer dari puncak Semeru. "Tidak ada peningkatan status karena Semeru masih berstatus waspada dan terjadinya guguran karena material vulkanik di kawah Semeru (Jonggring Saloko) longsor," jelasnya.

Sejauh ini, puncak Gunung Semeru tidak bisa terpantau dengan jelas dari PPGA Semeru di Gunung Sawur. Cuaca mendung dan tertutup kabut menjadi penyebab.  "Saya mengimbau warga tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang meresahkan terkait dengan aktivitas Gunung Semeru karena petugas PPGA selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang," katanya menambahkan.

Pemerintah Kabupaten Lumajang menetapkan enam kecamatan masuk dalam zona merah bahaya lahar dingin Gunung Semeru seiring dengan semakin tingginya curah hujan selama musim hujan dan aktivitas Semeru. Enam kecamatan adalah Kecamatan Pronojiwo, Tempursari, Pasirian, Candipuro, Pasrujambe dan Kecamatan Tempeh. Kecamatan-kecamatan tersebut dilalui tiga alur utama aliran lahar dingin Gunung Semeru yakni daerah aluran sungai (DAS) Mujur, DAS Glidik dan DAS Rejali. (Ant/BEY)


source : http://www.metrotvnews.com/read/news/2011/12/26/76610/Semeru-Gempa-Embusan-60-Kali/6


2 komentar:

birthday party mengatakan...

menarik infonya ya

Halimatus S. mengatakan...

Gan... ga ngeblog lagi ya?
udah lama ga update?
http://duniawisataku.com/

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 InfoKanca All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.